Senin, 15 September 2014

North American X-15 pesawat tercepat di dunia.




North American X-15 adalah pesawat roket percontohan AS , yang dibuat dalam rangka program penelitian pada penerbangan dengan kecepatan yang sangat tinggi supersonik dan ketinggian tinggi. Dari 1960 hingga 1968 , dibangun tiga eksemplar dibuat sekitar 200 tes penerbangan atas nama NASA , memecahkan semua rekor untuk kecepatan dan ketinggian oleh pesawat sayap tetap .
Catatan X-15 set terakhir 7 272,68 km / jam untuk kecepatan (dengan 3 Oktober 1967 ) dan 107.960 meter ketinggian (pada 23 Agustus 1963 ). Ini memungkinkan Amerika untuk mengumpulkan data yang ekstensif mengenai perilaku aliran udara, drag aerodinamis, kontrol dan stabilitas pesawat terbang dengan kecepatan tinggi dan keluar dari atmosfer, serta teknis re-entry atmosfer.
North American X-15 adalah salah satu pesawat eksperimental utama USAF / NASA . X-15 memecahkan banyak catatan kecepatan dan ketinggian (tercepat: 7274 km / jam) dalam 60-an dan menghasilkan sejumlah besar data, yang selama puluhan tahun telah digunakan dalam desain pesawat ruang angkasa baru.
Pesawat X-15 dianggap sebagai pesawat tercepat di dunia yang pernah dinaiki manusia. Pesawat tersebut memiliki kecepatan yang dapat mencapai Mach 6.72 atau 7.273 kilometer per jam, dan diterbangkan pertama kali oleh Scott Crossfield pada 8 Juni 1959.
X-15 memiliki nama panjang North American X-15, dan merupakan pesawat eksperimen ciptaan USAF (Angkatan Udara Amerika Serikat), NASA, dan USN (Angkatan Laut Amerika Serikat). Pesawat itu dibuat berdasarkan konsep Walter Domberger dari NACA (sebelum berubah menjadi NASA). Proses produksinya diserahkan kepada dua perusahaan manufaktur, yaitu North American Aviation untuk pembuatan bagian rangka pesawat, dan Reaction Motors untuk pembuatan bagian mesin.
Pesawat yang memiliki panjang 15,45 meter, lebar sayap 6,8 meter, dan berat serta muatan 15.420 kilogram itu hanya dapat dimuati satu pilot. Faktor utama yang membuat X-15 bisa menjadi pesawat tercepat di dunia adalah karena sudah menggunakan pendorong roket. Selain sebagai pesawat terbang berawak tercepat di dunia, X-15 juga menjadi pesawat berawak yang terbang paling tinggi di dunia, dengan rekor terbang 107,8 kilometer, yang dikendarai seorang astronot bernama Joe Walker.
Di masa sekarang, X-15 telah memasuki masa pensiunnya, dan dipajang di beberapa museum pesawat di dunia. Pesawat ini merupakan perintis terciptanya pesawat luar angkasa, yang kelak salah satunya akan mengantarkan Neil Armstrong ke Bulan.
cool?
leave the comment  :D :D

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

PebriNaldi Sinulingga. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com