Jumat, 19 September 2014

tentang Hoatzin



Hoatzin (Opisthocomus hoazin) adalah burung yang sebagian berasal dari famili Opisthocomidae, lainnya famili dari ordo Cuculiformes. Dahulu, hewan ini dimasukkan dalam ordo Galliformes, dan sekarang masuk ke ordo yang terpisah, Opisthocomiformes. Keluarga burung ini yang sebenarnya tak diketahui dengan pasti. Hoatzin berasal dari Lembah Amazon dan sering ditemukan di pohon. Hoatzin biasa berwarna cokelat/hitam menyerupai Cracidae. Hoatzin muda memiliki cakar di sayapnya, yang dengan organ itu ia bisa memanjat. Cakar itu tak menandakan kedekatan kekeluargaan dengan Archaeopteryx atau bentuk cakar yang lebih tua: kembali ke keadaan lama. Dengan ini hoatzin menjadi contoh bagi macam binatang yang mematahkan Hukum Dollo. Hoatzin lebih mirip ayam daripada sejenis burung kukuk yang merupakan kerabatnya.

Hoatzin memiliki kepala kecil dengan wajah biru terang , mata merah, dan bagian atas kepala dihiasi jambul berwarna coklat. Panjang tubuh Hoazin dewasa dapat mencapai 60cm (24 inch).Hoatzin hidup berkelompok dan suka ditemukan bertengger di atas cabang pohon di tepi rawa atau sungai.Hoatzin juga dijadikan sebagai burung nasional. Hoatzin juga dapat ditemukan disekitar hutan rawa rawa hutan hujan Amazon dan Delta Orinoco Amerika Selatan.Burung ini memiliki leher panjang dengan kepala yang sangat kecil. Julukan mereka adalah "stinkbird." Karena cakarnya lemah, maka dia menggunakan ekor panjangnya sebagai penyangga dan dan membantu keseimbangan di dahan pohon.

Makanan hoatzin dewasa adalah daun, bunga, dan kuncup mangrove. Dengan paruhnya yang pendek, hoatzin dengan mudah bisa memetik daun dari pohon mangrove.

not too bad..
         comment

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

PebriNaldi Sinulingga. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com